Ada tiga hadits yang menjelaskan jumlah shalat sunnah rawatib beserta letak-letaknya:
1. Dari Ummu Habibah isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ﺎَﻣ ْﻦِﻣ ٍﺪْﺒَﻋ ٍﻢِﻠْﺴُﻣ ﻲِّﻠَﺼُﻳ ِﻪَّﻠِﻟ َّﻞُﻛ ٍﻡْﻮَﻳ ْﻲَﺘْﻨِﺛ َﺓَﺮْﺸَﻋ ًﺔَﻌْﻛَﺭ ﺎًﻋُّﻮَﻄَﺗ ٍﺔَﻀﻳِﺮَﻓ َﺮْﻴَﻏ ﺎَّﻟِﺇ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَﻨَﺑ
ِﺔَّﻨَﺠْﻟﺍ ﻲِﻓ ﺎًﺘْﻴَﺑ ُﻪَﻟ “Tidaklah seorang muslim mendirikan shalat sunnah ikhlas karena Allah sebanyak dua belas rakaat selain shalat fardhu, melainkan Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim no. 728)
Dan dalam riwayat At-Tirmizi dan An- Nasai, ditafsirkan ke-12 rakaat tersebut. Beliau bersabda: ْﻦَﻣ َﺮَﺑﺎَﺛ ﻰَﻠَﻋ ْﻲَﺘْﻨِﺛ َﺓَﺮْﺸَﻋ ًﺔَﻌْﻛَﺭ ْﻦِﻣ ِﺔَّﻨُّﺴﻟﺍ ﻰَﻨَﺑ ُﻪَّﻠﻟﺍ ُﻪَﻟ ﺎًﺘْﻴَﺑ ﻲِﻓ ِﺔَّﻨَﺠْﻟﺍ ِﻊَﺑْﺭَﺃ ٍﺕﺎَﻌَﻛَﺭ َﻞْﺒَﻗ ِﺮْﻬُّﻈﻟﺍ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭَﻭ ﺎَﻫَﺪْﻌَﺑ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭَﻭ َﺪْﻌَﺑ ِﺏِﺮْﻐَﻤْﻟﺍ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭَﻭ َﺪْﻌَﺑ ِﺀﺎَﺸِﻌْﻟﺍ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭَﻭ
ِﺮْﺠَﻔْﻟﺍ َﻞْﺒَﻗ “Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya` dan dua rakaat sebelum subuh.” (HR. At-Tirmizi no. 379 dan An-Nasai no. 1772 dari Aisyah) 2. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhu dia berkata: َﺮْﺸَﻋ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ ْﻦِﻣ ُﺖْﻈِﻔَﺣ ٍﺕﺎَﻌَﻛَﺭ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭ َﻞْﺒَﻗ ِﺮْﻬُّﻈﻟﺍ ﺎَﻫَﺪْﻌَﺑ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭَﻭ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭَﻭ َﺪْﻌَﺑ ِﺏِﺮْﻐَﻤْﻟﺍ ﻲِﻓ ِﻪِﺘْﻴَﺑ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭَﻭ َﺪْﻌَﺑ ِﺀﺎَﺸِﻌْﻟﺍ ﻲِﻓ ِﻪِﺘْﻴَﺑ ِﻦْﻴَﺘَﻌْﻛَﺭَﻭ َﻞْﺒَﻗ ِﺓﺎَﻠَﺻ
ِﺢْﺒُّﺼﻟﺍ “Aku menghafal sesuatu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berupa shalat sunnat sepuluh raka’at yaitu; dua raka’at sebelum shalat zuhur, dua raka’at sesudahnya, dua raka’at sesudah shalat maghrib di rumah beliau, dua raka’at sesudah shalat isya’ di rumah beliau, dan dua raka’at sebelum shalat subuh.” (HR. Al- Bukhari no. 937, 1165, 1173, 1180 dan Muslim no. 729)
Dalam sebuah riwayat keduanya, “Dua
rakaat setelah jumat.”
Dalam riwayat Muslim, “Adapun pada shalat maghrib, isya, dan jum’at, maka Nabi r mengerjakan shalat sunnahnya di rumah.” 3. Dari Ibnu Umar dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ﺎًﻌَﺑْﺭَﺃ ِﺮْﺼَﻌْﻟﺍ َﻞْﺒَﻗ ﻰَّﻠَﺻ ًﺃَﺮْﻣﺍ ُﻪَّﻠﻟﺍ َﻢِﺣَﺭ “Semoga Allah merahmati seseorang yang mengerjakan shalat (sunnah) empat raka’at sebelum Ashar.” (HR. Abu Daud no. 1271 dan At-Tirmizi no. 430) Maka dari sini kita bisa mengetahui bahwa shalat sunnah rawatib adalah:
a. 2 rakaat sebelum subuh, dan sunnahnya dikerjakan di rumah.
b. 2 rakaat sebelum zuhur, dan bisa juga 4 rakaat.
c. 2 rakaat setelah zuhur
d. 4 rakaat sebelum ashar
e. 2 rakaat setelah jumat.
f. 2 rakaat setelah maghrib, dan sunnahnya dikerjakan di rumah.
g. 2 rakaat setelah isya, dan sunnahnya dikerjakan di rumah. Lalu apa hukum shalat sunnah setelah subuh, sebelum jumat, setelah ashar, sebelum maghrib, dan sebelum isya?
Jawab:
Adapun dua rakaat sebelum maghrib dan sebelum isya, maka dia tetap disunnahkan dengan dalil umum:
Dari Abdullah bin Mughaffal Al Muzani dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ِﺔَﺜِﻟﺎَّﺜﻟﺍ ﻲِﻓ َﻝﺎَﻗ ﺎًﺛﺎَﻠَﺛ ﺎَﻬَﻟﺎَﻗ ٌﺓﺎَﻠَﺻ ِﻦْﻴَﻧﺍَﺫَﺃ ِّﻞُﻛ َﻦْﻴَﺑ
َﺀﺎَﺷ ْﻦَﻤِﻟ “Di antara setiap dua adzan (azan dan iqamah) itu ada shalat (sunnah).” Beliau mengulanginya hingga tiga kali. Dan pada kali yang ketiga beliau bersabda, “Bagi siapa saja yang mau mengerjakannya.” (HR. Al-Bukhari no. 588 dan Muslim no. 1384)
Adapun setelah subuh dan ashar, maka tidak ada shalat sunnah rawatib saat itu. Bahkan terlarang untuk shalat
sunnah mutlak pada waktu itu, karena kedua waktu itu termasuk dari lima waktu terlarang.
Dari Ibnu ‘Abbas dia berkata: َﺪِﻬَﺷ ﻱِﺪْﻨِﻋ ٌﻝﺎَﺟِﺭ َﻥﻮُّﻴِﺿْﺮَﻣ ْﻢُﻫﺎَﺿْﺭَﺃَﻭ ﻱِﺪْﻨِﻋ ُﺮَﻤُﻋ َّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ َّﻥَﺃ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ْﻦَﻋ ﻰَﻬَﻧ ِﺓﺎَﻠَّﺼﻟﺍ َﺪْﻌَﺑ ِﺢْﺒُّﺼﻟﺍ ﻰَّﺘَﺣ َﻕُﺮْﺸَﺗ ُﺲْﻤَّﺸﻟﺍ
َﺏُﺮْﻐَﺗ ﻰَّﺘَﺣ ِﺮْﺼَﻌْﻟﺍ َﺪْﻌَﺑَﻭ “Orang-orang yang diridlai mempersaksikan kepadaku dan di antara mereka yang paling aku ridhai adalah ‘Umar, (mereka semua mengatakan) bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang shalat setelah Shubuh hingga matahari terbit,
dan setelah ‘Ashar sampai matahari terbenam.” (HR. Al-Bukhari no. 547 dan Muslim no. 1367)
Adapun shalat sunnah sebelum jumat, maka pendapat yang rajih adalah tidak disunnahkan. Insya Allah mengenai tidak disyariatkannya shalat
sunnah sebelum jumat akan datang pembahasannya tersendiri, wallahu Ta’ala a’lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar