Jumat, 19 Agustus 2011

hadis hadist pilihan 1

I. Seruan dan
Peringatan Allah Ta'ala :

1. Rasulullah Saw bersabda bahwa
Allah 'Azza wajalla berfirman, "Anak
Adam mendustakan Aku padahal
tidak seharusnya dia berbuat
demikian. Dia mencaci Aku padahal
tidak seharusnya demikian. Adapun
mendustakan Aku adalah dengan
ucapannya bahwa "Allah tidak akan
menghidupkan aku kembali
sebagaimana menciptakan aku
pada permulaan". Ketahuilah bahwa
tiada ciptaan (makhluk) pertama
lebih mudah bagiku daripada
mengulangi ciptaan. Adapun caci-
makinya terhadap Aku ialah dengan
berkata, "Allah mempunyai anak".
Padahal Aku Maha Esa yang
bergantung kepada-Ku segala
sesuatu. Aku tiada beranak dan
tiada pula diperanakkan dan tidak
ada seorangpun setara dengan
Aku." (HR. Bukhari)

2. Dalam hadits Qudsi dijelaskan
bahwa Allah Ta'ala berfirman: "Hai
anak Adam, kamu tidak adil
terhadap-Ku. Aku mengasihimu
dengan kenikmatan-kenikmatan
tetapi kamu membenciKu dengan
berbuat maksiat-maksiat. Kebajikan
kuturunkan kepadamu dan
kejahatan-kejahatanmu naik
kepada-Ku. Selamanya malaikat
yang mulia datang melapor tentang
kamu tiap siang dan malam dengan
amal-amalmu yang buruk. Tetapi
hai anak Adam, jika kamu
mendengar perilakumu dari orang
lain dan kamu tidak tahu siapa yang
disifatkan pasti kamu akan cepat
membencinya." (Ar-Rafii dan Ar-
Rabii').

3. Anak Adam mengganggu Aku,
mencaci-maki jaman (masa), dan
Akulah jaman. Aku yang
menggilirkan malam dan siang. (HR.
Bukhari dan Muslim)

4. Allah Ta'ala berfirman (dalam
hadits Qudsi) : "Kebesaran
(kesombongan atau kecongkakan)
pakaianKu dan keagungan adalah
sarungKu. Barangsiapa merampas
salah satu (dari keduanya) Aku
lempar dia ke neraka
(jahanam)." (HR. Abu Dawud)

5. Berbaik sangka terhadap Allah
termasuk ibadah yang baik. (HR.
Abu Dawud)

6. Allah memiliki sembilan puluh
sembilan nama, seratus kurang satu.
Barangsiapa memperhitungkannya
dia masuk surga. (Artinya,
mengenalnya dan melaksanakan
hak-hak nama-nama itu). ( HR.
Bukhari)

7. Allah 'Azza wajalla berfirman
(hadits Qudsi): "Hai anak Adam, Aku
menyuruhmu tetapi kamu
berpaling, dan Aku melarangmu
tetapi kamu tidak mengindahkan,
dan Aku menutup-nutupi
(kesalahan-kesalahan)mu tetapi
kamu tambah berani, dan Aku
membiarkanmu dan kamu tidak
mempedulikan Aku. Wahai orang
yang esok hari bila diseru oleh
manusia akan menyambutnya, dan
bila diseru oleh Yang Maha Besar
(Allah) dia berpaling dan
mengesampingkan, ketahuilah,
apabila kamu minta Aku
memberimu, jika kamu berdoa
kepada-Ku Aku kabulkan, dan
apabila kamu sakit Aku sembuhkan,
dan jika kamu berserah diri Aku
memberimu rezeki, dan jika kamu
mendatangiKu Aku menerimamu,
dan bila kamu bertaubat Aku
ampuni (dosa-dosa)mu, dan Aku
Maha Penerima Taubat dan Maha
Pengasih." (HR. Tirmidzi dan Al
Hakim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar