Kamis, 03 Maret 2011

10 HAL

Oleh : Muh.yasin fii sabilillah


Seorang sholihin berkata, “Aku memperhatikan dan memikirkan dari pintu mana
syetan masuk ke dalam diri
manusia. Ternyata ia masuk
melalui sepuluh pintu :

Pertama, Serakah dan buruk
sangka. Maka aku melawannya
dengan sifat qona’ah (merasa cukup dengan apa yang ada) dan
sikap percaya (yakin).

Kedua, cinta kehidupan dan
panjang cita-cita. Maka aku
melawannya dengan rasa takut
maut menjemput secara tiba-tiba.

Ketiga, ingin hidup santai dan serba
nikmat. Maka aku melawannya
dengan hilangnya kenikmatan dan
perhitungan yang pahit.

Keempat, ujub (bangga diri). Maka
aku melawannya dengan
kesadaran bahwa semua yang ada
adalah anugerah dari Allah dan
dengan rasa takut akan akibat
yang akan terjadi.

Kelima, Meremehkan dan kurang
menghormati orang lain. Maka aku
melawannya dengan mengetahui
hak dan kehormatan mereka.

Keenam, dengki. Maka aku
melawannya dengan qona ’ah dan puas dengan apa yang Allah
bagikan kepada makhluk-Nya.

Ketujuh, riya dan senang dipuji
orang. Maka aku melawannya
dengan ikhlas.

Kedelapan, kikir. Maka aku
melawannya dengan kesadaran
akan binasanya apa-apa yang ada
di tangan makhluk dan kekalnya
apa-apa yang ada di sisi Allah swt.

Kesembilan, sombong. Maka aku
melawannya dengan sifat tawadlu
(rendah hati).

Kesepuluh, tamak. Maka aku
melawannya dengan tsiqoh
(yakin) terhadap apa yang ada
pada sisi Allah dan zuhud
(meninggalkan apa yang ada pada
manusia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar